TSGoGSCpBSG0TpMiTSOlGfr9Td==

Insomnia Minggat, Ini Cara Tidur Lebih Cepat!

 

Orang kesulitan tidur
Orang kesulitan tidur 
( Dok. Ist)

INDONESIATERKINI.ID - Insomnia atau kesulitan tidur terkadang menjadi hal yang menyebalkan bagi hampir semua orang. 

Pasalnya kesulitan tidur membuat penampilan kurang fresh hingga memunculkan mata panda. 

Oleh sebab itu beberapa orang memilih untuk menerapkan sejumlah tips agar cepat tidur. 

5 Tips Cepat Tidur yang Paling Efektif

Berikut ini sejumlah tips agar cepat tidur yang terbukti efektif bagi semua orang: 

1. Lakukan Relaksasi

Luangkan waktu untuk relaksasi Anda dapat mencoba berbagai metode relaksasi sebelum tidur, seperti yoga atau pilates. Kegiatan-kegiatan ini dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan sehingga Anda bisa tidur lebih mudah. 

Anda juga bisa melakukan kegiatan menenangkan seperti membaca buku, mandi dengan air hangat, atau mendengarkan musik yang memiliki irama yang pelan.

2. Positif Thinking

Usahakan untuk terus berpikir positif Insomnia seringkali dialami oleh orang yang sering merasa cemas dan khawatir berlebihan. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu berpikir positif agar pikiran Anda bisa lebih tenang. 

Anda juga bisa mencoba meditasi untuk menenangkan pikiran. Jika masih kesulitan, berkonsultasilah ke psikolog atau psikiater untuk menjalani konseling atau psikoterapi.

3. Konsumsi Makanan Sebat

Hindari makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks menjelang tidur karena jenis makanan tersebut dapat membuat sistem pencernaan Anda bekerja lebih berat sehingga tubuh sulit beristirahat. 

Pilihlah camilan sehat seperti cracker atau yoghurt.

4. Kurangi Alkogol

 Hindari minuman beralkohol, kopi, teh, dan minuman ringan yang mengandung kafein terutama pada sore hari dan menjelang tidur. 

Berbagai jenis minuman tersebut dapat membuat Anda lebih terjaga sehingga sulit tidur di malam hari.

5. Hindari Merokok

Hindari merokok sebelum tidur Kandungan nikotin pada rokok dapat membuat Anda sulit tidur, hindarilah merokok sebelum tidur.

Kebiasaan merokok juga membuat ketergantungan sehingga memicu sejumlah penyakit serius

Antisipasi perubahan jam tidur saat bepergian dan bekerja Perubahan waktu dan tuntutan bekerja di malam hari dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh. 

Ritme sirkadian merupakan mekanisme alami tubuh yang mengatur jadwal tidur dan bangun, metabolisme, serta suhu tubuh setiap hari. 

Untuk mengantisipasi perubahan jam tidur, mulailah menyesuaikan jadwal tidur Anda secara bertahap sebelum melakukan perjalanan ke tempat dengan perbedaan waktu yang signifikan atau sebelum mulai bekerja di malam hari.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ketik kata kunci lalu Enter

close