TSGoGSCpBSG0TpMiTSOlGfr9Td==

Jenis-jenis Olahraga Kardio dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Jenis-jenis Olahraga Kardio dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Olahraga kardio (Dok. Ist)


Indonesiaterkini.id Olahraga kardio merupakan aktivitas fisik yang sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda. 

Olahraga kardio merupakan jenis olahraga yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, memperbaiki sistem otot, hingga menjaga tekanan darah. 

Olahraga kardio juga memiliki berbagai macam jenis, mulai dari yang intensitasnya rendah hingga tinggi.

Fungsi Olahraga Kardio Secara Umum 

Secara umum, olahraga kardio berfungsi untuk memompa darah dari jantung dan paru-paru supaya detak jantung meningkat hingga mencapai titik maksimal pembakaran lemak dan kalori. 

Olahraga kardio juga dikenal dengan istilah kardiovaskular (sistem jantung dan pembuluh darah). 

Hal ini dikarenakan olahraga kardio dapat melatih kerja jantung serta membuat tubuh lebih efektif menggunakan oksigen.

Manfaat Olahraga Kardio

Manfaat olahraga kardio tidak hanya secara fisik tetapi juga mental. Salah satu manfaat olahraga kardio adalah mampu menjaga berat badan ideal

Olahraga kardio bekerja dengan membakar kalori dan lemak dalam tubuh dengan meningkatkan detak jantung dan meningkatkan kerja sel-sel tubuh hingga mencapai titik pembakaran lemak dan kalori secara maksimal. 

Olahraga kardio juga dapat meningkatkan massa otot, sehingga tidak heran jika banyak orang yang melakukannya.

Tidak hanya itu, melakukan olahraga kardio secara rutin dapat membantu mencegah dan mengurangi gejala penyakit diabetes tipe 2. 

Manfaat ini diperoleh dari kemampuan olahraga kardio dalam memperbaiki mekanisme tubuh dalam menggunakan gula darah serta menurunkan resistensi insulin.

Manfaat lain dari olahraga kardio adalah dapat mengatasi stres. Olahraga kardio bisa merangsang kelenjar pituitari atau hipofisis dalam otak untuk melepaskan hormon endorfin yang bisa mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. 

Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih tenang dan merasa lebih gembira.

Selain itu, olahraga kardio juga diketahui meningkatkan imun tubuh dan mencegah terjadinya penyakit dengan menjalani aktivitas fisik secara rutin. 

Orang yang rutin melakukan olahraga kardio diketahui memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat dan tidak mudah stres daripada orang yang tidak aktif menjalani aktivitas fisik.

Olahraga kardio juga diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, melakukan olahraga kardio dapat menjadi solusinya. 

Olahraga kardio yang dilakukan secara rutin diklaim bisa meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. 

Namun, disarankan untuk membatasi waktu olahraga kardio setidaknya sampai dua jam sebelum tidur.

Jenis-jenis Olahraga Kardio

Beberapa jenis olahraga kardio yang bisa dilakukan di antaranya adalah jalan kaki, lari, bersepeda, naik turun tangga, squat jump, lompat tali, dan jumping jack. 

Olahraga kardio bisa dilakukan di mana saja, seperti di rumah, di taman, atau tempat kerja. 

Olahraga kardio sangat mendukung program sehat dan pembentukan gaya hidup sehat. Yuk, mulai berolahraga kardio untuk memperbaiki kesehatan tubuh kita dan membuat tubuh kita menjadi lebih fit!

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ketik kata kunci lalu Enter

close