TSGoGSCpBSG0TpMiTSOlGfr9Td==

Mengenal Sosok Abing Santoso, Guru Tari SMK yang Mendadak Viral

Mengenal Sosok Abing Santoso, Guru Tari SMK yang Mendadak Viral
Potret Abing Santoso (Dok. Ist)


Indonesiaterkini.id Abing Santoso adalah seorang guru Seni Tari dari SMKN 12 Surabaya yang sangat terkenal di media sosial karena metode pembelajarannya yang unik dan nyentrik. 

Ia selalu memulai pembelajaran dengan bertanya pada siswanya tentang tujuan mereka hari ini. 

Kemudian, Abing mengikuti minat siswa sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan. 

Abing juga sering meminta siswanya untuk tidur sebentar di kelas sebelum belajar karena menurutnya pembelajaran harus dilakukan dengan hati dan tidak boleh dipaksa.

“Setiap awal pembelajaran saya selalu tanya ke siswa, ‘goals kalian apa untuk hari ini?’ Lalu saya ikuti keinginan mereka sehingga pembelajaran sesuai dengan minat siswa,” ujar Abing pada 12 Desember 2023 di panggung Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat

Abing sangat memanusiakan manusia dan memberikan kebebasan pada siswanya untuk belajar di manapun, bahkan di kantin sekolah sambil makan dan minum. 

“Seperti kebijakan Merdeka Belajar, saya pun membebaskan siswa untuk belajar di manapun, bahkan di kantin sekolah. Sambil makan dan sambil minum, siswa tetap belajar menari,” pungkas Abing

Abing juga menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran agar siswanya semakin semangat. 

Selain itu, Abing juga sering mengajak siswanya untuk membuat video tari dan menjelaskan bahwa ia mempelajari algoritma Instagram dan TikTok sehingga efektif dalam mengunggah konten.

Dari hasil unggahan video tari tersebut, profil Abing semakin dikenal hingga mendapatkan apresiasi dari Mendikbudristek, Nadiem Makarim. 

“Saya kaget karena diunggah ulang (repost) oleh Mas Menteri dan tiba-tiba rame handphone saya. Bahkan saya dipanggil kepala sekolah,” ungkap Abing

Bagi Abing, menjadi guru seni tari adalah profesi yang sangat ia idamkan. Ia yakin bahwa dengan model pembelajaran yang menyenangkan, siswa dapat berkembang lebih kreatif dan produktif.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ketik kata kunci lalu Enter

close