TSGoGSCpBSG0TpMiTSOlGfr9Td==

Sering Dilakukan, Ini Dia Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Tubuh

Sering Dilakukan, Ini Dia Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Tubuh
Olahraga yoga (Dok. Ist)


Indonesiaterkini.id Yoga adalah olahraga yang tidak hanya memberikan manfaat fisik tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental. 

Olahraga ini melibatkan gerakan tubuh, meditasi, dan latihan pernapasan yang didesain untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan mengurangi stres. 

Jenis yoga yang berbeda dapat membantu memenuhi kebutuhan yang berbeda, dengan beberapa jenis lebih fokus pada keseimbangan dan koordinasi, sementara yang lain lebih pada kekuatan dan fleksibilitas.

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Tubuh 

Meskipun tergolong ringan, namun yoga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh seperti:

1. Meredakan Stres

Pertama, yoga dapat membantu mengurangi hormon kortisol dalam tubuh, yang memberikan banyak manfaat seperti meredakan ketegangan dan stres. 

Hal ini juga dapat meningkatkan mood seseorang, serta membantu mengurangi gejala gangguan kecemasan, skizofrenia, dan gangguan tidur.

2. Meningkatkan Kebugaran Fisik

Manfaat kedua dari yoga adalah meningkatkan kebugaran fisik. Yoga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan tubuh, serta meningkatkan postur dan jangkauan gerakan. 

Hal ini juga dapat membantu untuk mengurangi risiko cedera, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan bahkan membantu dalam proses regenerasi jaringan tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat ketiga dari yoga adalah meningkatkan kesehatan jantung. Yoga adalah olahraga yang cocok untuk penderita risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Hal ini terjadi karena dapat meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah. 

Dalam beberapa kasus, yoga bahkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien gagal jantung.

4. Mengurangi Rasa Sakit di Punggung 

Manfaat yoga berikutnya adalah mengurangi rasa sakit, khususnya pada bagian punggung. 

Gerakan peregangan dan latihan pernapasan dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot tulang punggung, sehingga meringankan gejala sakit punggung. Bahkan, yoga dapat menjadi alternatif terapi bagi penderita sakit punggung kronis.

5. Meringankan Gejala Asma 

Terakhir, yoga juga dapat membantu meringankan gejala yang terkait dengan asma, seperti kesulitan bernapas atau bronkospasme.

Beberapa gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan, seperti Pranayama, dapat membantu meringankan gejala. 

Namun demikian, manfaat ini belum diketahui secara signifikan dalam pengobatan asma konvensional.

Namun sebelum mulai yoga, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau cedera otot dan sendi. 

Dan yang terpenting, nikmatilah proses yoga secara rutin untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga Anda.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ketik kata kunci lalu Enter

close