TSGoGSCpBSG0TpMiTSOlGfr9Td==

Anti-Scam Center: Langkah Baru OJK Lindungi Masyarakat dari Penipuan Daring

Anti-Scam Center: Langkah Baru OJK Lindungi Masyarakat dari Penipuan Daring
Ilustrasi. Scam Alert.

INDONESIATERKINI.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mewajibkan semua bank untuk bergabung dalam tim pusat anti penipuan yang dikenal sebagai 'Anti-Scam Center'. 

Tujuan dari pembentukan tim ini adalah untuk meningkatkan perlindungan masyarakat terhadap penipuan daring (online) yang semakin marak terjadi.

Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan Edukasi Konsumen OJK, yang dikenal dengan Kiki, mengatakan bahwa bank-bank yang sering terlibat dalam kasus penipuan akan diwajibkan untuk bergabung

“Iya harus ikut. Apalagi bank-bank yang sering digunakan untuk fraud & scam, kan nama banknya itu-itu saja. Bank yang besar lah pasti,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi usai konferensi pers Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2024 di Jakarta, Jumat

Kiki menjelaskan bahwa pemerintah merasa perlu untuk membentuk tim ini karena semakin banyaknya kasus penipuan daring yang dialami oleh masyarakat. 

Penipuan daring ini dianggap sebagai risiko yang muncul seiring dengan perkembangan inovasi digital.

Oleh karena itu, solusi aktif dari pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, terutama bank, diperlukan untuk menangani masalah ini. 

Menurut Kiki, penipuan seperti pencurian kode OTP dan kehilangan uang sudah sering terjadi, dan angkanya cukup besar dalam tiga tahun terakhir. 

Di negara lain, seperti Singapura, Anti-Scam Center sudah banyak dibentuk untuk melindungi masyarakat dari penipuan daring.

“Kita belajar di negara lain, bagaimana semua perbankan ini didudukkan di dalam satu ruangan, kemudian jika terjadi fraud and scam yang dilaporkan masyarakat bisa langsung kekejar. Semoga itu bisa recovery asset-nya lumayan,” ujarnya

Anti-Scam Center ini diharapkan dapat mendeteksi rekening bank yang digunakan untuk kegiatan ilegal, baik sebagai rekening penampungan maupun penerima manfaat terakhir. 

Inisiatif pembentukan Anti-Scam Center ini berasal dari 16 kementerian/lembaga yang telah mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kiki juga menyebutkan bahwa tim khusus ini akan segera diresmikan dalam waktu dekat.

toto188

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ketik kata kunci lalu Enter

close